BAB I - PENDAHULUAN


BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Di zaman sekarang ini tidak sedikit orang-orang yang menjadikan anjing sebagai hewan peliharaannya, meskipun semakin lama harga jual hewan anjing semakin mahal. Hal tersebut dapat dikarenakan banyaknya keuntungan yang bisa diperoleh ketika memelihara binatang anjing. Keuntungan-keuntungan tersebut adalah hewan anjing membuat pemiliknya rajin untuk olahraga, meningkatkan mood (dengan tingkahnya yang menggemaskan), dan hewan anjing membantu pemilik rumah untuk menjaga rumahnya. Namun dengan seiring berjalannya waktu tidak sedikit pemilik anjing yang jarang meluangkan waktunya untuk mengajak anjingnya bermain dan berolahraga karena tidak banyaknya waktu luang yang dimilikinya. Kecenderungan lain dari pemilik adalah mengurung anjing peliharaanya di kandang. Hal tersebut tentu akan membuat anjing merasa jenuh dan stress. (kenyataan)
Kelompok kami berharap agar selain memberikan kebahagiaan bagi manusia, anjing juga dapat memperoleh kebahagiaan, kenyamanan, dan tempat tinggal yang layak bagi dirinya meskipun dengan hal-hal yang sederhana.  (harapan)
Berdasarkan kenyataan dan harapan di atas, penulis mencoba untuk merancang sebuah proyek berupa rumah anjing berbasis teknologi canggih yang di dalamnya dilengkapi oleh berbagai fasilitas yang dapat membuat anjing merasa bahagia dan nyaman, meskipun ditinggal oleh sang pemilik sendirian dalam waktu yang cukup lama. Rumah anjing ini dilengkapi oleh sensor otomatis dan lampu-lampu hias yang dikendalikan oleh mikrokontroller. Selain berfungsi sebagai rumah, rumah anjing tersebut dapat dijadikan sebagai tempat berolahraga dan hiburan bagi sang anjing. (solusi)
B. Rumusan Masalah
Rumusan masalah secara umum adalah: “Bagaimana merancang rumah anjing berbasis teknologi canggih, sebagai tempat tinggal yang nyaman bagi anjing ?”
Rumusan umum di atas diuraikan menjadi beberapa rumusan secara khusus:
1.     Bagaimana bentuk rumah masa depan anjing ?
2.     Bagimana merancang perabotan terutama kelistrikannya ?
3.     Bagaiman sistem pengendalian perabotan rumah anjing dengan sistem komputer ?
C. Tujuan dan Manfaat
1. Tujuan: Membangun  maket rumah anjing yang nyaman, dan berbasis teknologi canggih.
2. Manfaat: Rumah anjing berupa maket dapat dijadikan sebagai contoh untuk membuat anjing merasa nyaman dan bahagia, apabila ditinggalkan oleh pemiliknya sendirian.
D. Batasan Istilah
Rumah anjing artinya adalah tempat tinggal yang dikhususkan untuk anjing. Sedangkan berbasis teknologi canggih adalah di dasari oleh teknologi canggih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BAB II - KAJIAN PUSTAKA

BAB V - KESIMPULAN