BAB V - KESIMPULAN


BAB V
KESIMPULAN
A. Kesimpulan
            Berdasarkan uraian BAB I sampai dengan bab IV, dapat diberikan kesimpulan bahwa Rumah Anjing Berbasis Teknologi Canggih dapat membuat anjing tetap nyaman dan tidak merasa kesepian apabila ditinggal sendirian oleh pemiliknya. Apabila anjing ditinggalkan sendirian oleh pemiliknya, anjing masih dapat bermain dengan memanfaatkan kolam bola yang ada, dan berolahraga dengan memanfaatkan kincir berputar yang ada. Sistem pengontrolan rumah secara otomatis  (permainan lampu, dan pintu masuk menuju rumah anjing) menggunakan mikrokontroller yang dapat mengurangi tenaga manusia dalam mengurus anjing. Pengembangan lebih lanjut Rumah Anjing Berbasis Teknologi Canggih akan dirancang menggunakan teknologi sensor untuk penyalaan lampu, kincir putar, dan pemberian makanan dan minuman pada anjing.
B. Kesan Saran
Kesan
            Terselesaikannya pembuatan maket ini memberikan banyak kesan bagi kami semua. Selama pembuatan maket ini, kami merasa lebih dekat antara satu anggota dengan anggota lainnya. Perasaan dekat antara satu sama lain kami dapatkan mulai dari pertama kelompok kami terbentuk, sampai dengan terselesaikannya tugas maket ini. Perasaan dekat antar satu sama lain kami dapatkan, mulai dari saat kami harus memikirkan maket apa yang harus kami buat (berbagi pemikiran), pembagian tugas bagi setiap anak (belajar untuk mempercayai orang lain), dan pemilihan keputusan untuk beberapa hal (belajar untuk menerima keputusan).
Saran
            Untuk kedepannya pembuatan maket ini juga bisa digunakan untuk penilaian ujian praktik lainnya, tidak hanya mata pelajaran WU dan TIK saja. Seperti contohnya pengkolaborasian pembuatan maket dengan SeniBudaya, sehingga nantinya dalam pembuatan maket juga dapat dimasukan hal-hal yang berbau kebudayaan suatu daerah. Pengkolaborasian itu sendiri memberikan banyak manfaat yang selain memudahkan murid dan guru dalam mendapatkan nilai untuk ujian praktik, juga dapat menumbuhkan kreatifitas pada murid. Penggunaan properti juga diharapkan lebih dikembangkan lagi sehingga apabila ada proyek sejenis dapat lebih berdaya guna dan tepat sasaran.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

BAB II - KAJIAN PUSTAKA

BAB I - PENDAHULUAN